Subscribe to Wordpress Themes Demo

Anak Muda Kendari

Lirik Kiri Optimalkan Kerja Otak Ah masa??


Okezon_ Ternyata, melirik ke arah kiri saat ujian bisa memaksimalkan kerja otak. Fakta ini dipaparkan DirekturPumping Learning Center Amir Tengku Ramly, pada Gerakan Berantas Kecurangan Akademik (Gebrak) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Jatinangor.

Seperti dikutip dari situs Unpad di Jakarta, Jumat (28/5/2010), fakta ini merupakan hasil penelitian Gustaf Yung dari Jerman. Yung membuktikan, gerakan mata dapat menentukan bagian otak yang bekerja optimal pada saat itu.

Biasanya, saat seseorang mengalami penurunan daya ingat ia tidak mengoptimalkan fungsi otak kirinya. Otak kiri merupakan pusat penyimpanan memori atau hapalan, sementara otak kanan berfungsi sebagai pusat kreativitas. Meski demikian, saran Amir
untuk melirikkan mata ke kiri bukan bermaksud mendukung kegiatan mencontek.

“Dengan memicingkan mata ke arah kiri, kita mengoptimalisasikan fungsi otak kiri. Dengan begitu, memori yang tersimpan setelah membaca atau menghapal bisa diangkat kembali,” jelas Amir.

Pumping Learning Center adalah badan usaha dari Pumping Indonesia yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan manajemen. Lembaga ini bertujuan memberi solusi belajar efektif tanpa curang. Menurut Amir, orang-orang yang melakukan kecurangan memancarkan energi negatif dan selalu mendapatkan balasan atas kecurangannya tersebut.

Pembicara lain dalam seminar ini adalah Prof Dr H Engkus, MSi. Engkus menjelaskan, berbagai bentuk kecurangan akademik di dunia pendidikan Indonesia. Rangkaian seminar ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang solusi belajar efektif hingga
tidak perlu melakukan kecurangan, tetapi juga mengampanyekan betapa buruknya bertindak curang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan masukan